Bisul di Dalam Lubang Telinga, Sakit Jika Ditekan

Advertisement

Bisul di dalam lubang telinga bisa beresiko menjadi lebih buruk apabila dibiarkan begitu saja. Karena telinga merupakan satu-satunya indra pendengar, maka kita diharuskan untuk menjaga dan mengobatinya apabila ada masalah pada telinga.

Telinga Bisulan?

Seseorang mungkin akan menemukan suatu benjolan di telinganya karena merasakan ketidaknyaman pada telinganya yang terasa penuh. Jika Anda merasakan penurunan pendengaran, bisa jadi ada benjolan besar yang menghalangi saluran telinga.

Meski benjolan di dalam telinga tersebut tidak berbahaya, namun ini akan menimbulkan ketidaknyamanan pada telinga, hal tersebut disebabkan karena saluran telinga memiliki ruang terbatas. Penyumbatan bisa disebabkan oleh tumpukan kotoran, minyak, sebum atau debu yang masuk ke dalam saluran telinga.

Telinga merupakan bagian tubuh yang berpotensi tinggi untuk pengembangan bisul karena merupakan daerah yang memiliki banyak kelenjar minyak. Kulit telinga tidak berbeda dengan bagian tubuh lainnya, bagian ini juga dapat merespon aktivitas hormon. Namun ukuran pori-pori didalamnya sangat kecil sehingga akan menguntungkan bagi bakteri yang akan menginfeksi.

Bisul di dalam lubang telinga

Bisul kecil (furunkel) yang terjadi di lubang telinga bisa terasa sangat menyakitkan. Jika kondisi masih ringan, pembersihan dapat membantu mengatasinya, yang berarti kondisi ini tidak membutuhkan pengobatan. Namun, obat penghilang rasa sakit dan obat-obatan antibiotik kadang-kadang diperlukan bagi sebagian orang.

Gejala utama yang muncul pada bisul adalah nyeri. Nyeri ini dapat menjadi cukup parah meski ukuran bisul kecil. Gejala lain mungkin termasuk gatal, iritasi dan kadang-kadang kehilangan pendengaran sementara atau karena adanya infeksi dalam telinga.

Apabila bakteri yang menginfeksi menyerang cukup kuat, maka respon inflamasi bisa terjadi dengan munculnya gejala kemerahan disertai rasa nyeri. Rasa nyeri tersebut dapat menjalar ke rahang, mata hingga seluruh bagian kepala. Dan apabila bisul telinga berukuran besar, maka akan mempersempit saluran telinga yang membuat penderitanya kehilangan pendengaran sementara selama kondisi belum sembuh.

Apa Yang Menyebabkan Bisul di Lubang Telinga?

Sebagian besar bisul terjadi tanpa alasan yang jelas. Mereka kebanyakan terlihat seperti bintik-bintik atau bisul-bisul kecil yang dapat terjadi pada setiap area kulit. Dalam beberapa kasus, infeksi berkembang pada kulit yang rusak. Dan kulit telinga Anda dapat rusak dengan benda-benda seperti cotton bud wol. Jika kulit pada telinga rusak, maka dapat menjadi meradang dan terinfeksi.

Bisul di dalam lubang telinga bisa terjadi karena penyumbatan saluran yang mengarah ke kelenjar oleh kuman. Ini juga bisa disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada folikel rambut di saluran telinga. Pori-pori folikel rambut yang tersumbat dengan bahan eksternal seperti debu, kotoran atau serum dari tubuh kita sendiri, yang membuat didalamnya kesulitan untuk bernafas dengan baik.

Pada bisul yang berukuran kecilpun juga dapat menimbulkan rasa sakit apalagi pada bisul yang berukuran besar yang biasanya berisi nanah. Pada beberapa orang, seringkali bisul di dalam telinga sembuh secara alami oleh sistem kekebalan tubuh penderita itu sendiri. Inilah yang menjadi alasan mengapa bisul dapat sembuh tanpa pengobatan.

Apa Pengobatan Yang Tepat Untuk Bisul di Dalam Lubang Telinga?

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kondisi bisul yang ringan pada telinga, bisa sembuh tanpa pengobatan. Sistem kekebalan tubuh yang rendah, atau adanya kuman/bakteri bisa memicu bisul-bisul kecil. Namun biasanya, kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa sakit yang cukup berat.

Untuk itu, kini sudah banyak tersedia antibiotik untuk mengatasi masalah telinga atau berbagai obat tradisional bisul telinga sebagai alternatif pengobatan yang aman dan efektif. Ingat! Jangan biarkan masalah pada telinga Anda memburuk. Anda tidak ingin bukan jika menderita tuli permanen?

Bagaimana cara mencegah infeksi di saluran telinga?

Beberapa orang menemukan bahwa air, sabun, shampoo, hair spray, dll, yang masuk ke telinga mereka dapat menyebabkan iritasi atau gatal. Gatal dapat menyebabkan Anda untuk menggores saluran telinga dengan jari atau cotton bud. Hal ini dapat merusak kulit di saluran telinga dan menyebabkan peradangan. Sehingga kulit yang meradang dapat dengan cepat menjadi terinfeksi.

Beberapa orang mencoba untuk membersihkan telinga mereka dengan cotton buds. Ini bukan hanya tidak perlu, tetapi dapat merusak kulit di saluran telinga. Oleh karena itu, Anda dapat mencegah infeksi pada saluran telinga dengan berikut:

  • Cobalah untuk tidak menggaruk saluran telinga dengan jari, cotton buds, handuk, dll
  • Jangan membersihkan saluran telinga dengan cotton buds. Mereka dapat menggores atau mengiritasi dan dapat mendorong kotoran lebih lanjut ke telinga.
  • Jika Anda memiliki telinga yang sensitif, maka Anda harus menjaga saluran telinga untuk tetap kering dan menghindari sabun atau sampo masuk.
  • Biarkan telinga kering secara alami. Ketika Anda berenang mencoba untuk menjaga telinga Anda kering.
  • Hindari menyentuh bisul tanpa mencuci tangan karena tangan kotor dapat memicu bakteri lain masuk dan ikut berkembang di dalamnya
  • Jangan memecahkan bisul karena dapat beresiko menimbulkan infeksi telinga yang parah
  • Gunakan handuk lembut yang sudah dicelupkan pada air hangat dan terapkan pada telinga yang terdapat bisul (jangan biarkan air menetes)
  • Jaga kebersihan rambut dan jangan biarkan ia menutupi telinga

Demikianlah penjelasan Bisul di dalam lubang telinga yang dapat saya sampaikan. Semoga lekas sembuh!

Advertisement
Bisul di Dalam Lubang Telinga, Sakit Jika Ditekan | goherba | 4.5