Cara Memperbanyak Darah Haid? Klik Disini!

Advertisement

Cara Memperbanyak Darah Haid

Cara Memperbanyak Darah Haid

Haid menandakan bahwa tubuh seorang wanita (bagi yang sudah haid) berjalan dengan baik dan sehat. Apabila terdapat gangguan, bisa jadi kesehatan tubuh sedang bermasalah. Gangguan dalam haid bisa berupa siklus haid yang tidak lancar, rasa nyeri yang berkelanjutan atau bisa juga jumlah darah haid yang keluar selalu sedikit. Pendarahan yang terjadi karena haid merupakan bentuk dari peluruhan dinding rahim yang hanya terdapat pada wanita saja.

Siklus haid yang tidak lancar, dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti :

  • badan terlalu gemuk
  • penerapan diet yang salah
  • hormon estrogen dan hormon progesteron yang tidak seimbang
  • tubuh sedang dalam kondisi sakit.

Saat pertama darah haid keluar, biasanya berupa bercak kecoklatan yang nantinya disusul dengan darah segar dalam jumlah yang cukup banyak selama 2-3 harian. Setelah itu darah haid normal (tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit selama 3-4 hari. Dan akan mulai menyusut setelah hari ke 6 dan 7 hingga benar-benar hilang. Ini terjadi pada orang yang haid nya normal.

Siklus menstruasi dihitung dari pertama menstruasi sampai menstruasi pertama di bulan berikutnya. Siklus menstruasi yang normal yaitu selama 28 hari yang dipengaruhi praovulasi.

Cara memperbanyak darah haid sebenarnya cukup mudah, Anda cukup menerapkan pola hidup sehat. Meskipun jawaban ini telah banyak diketahui, namun tetap saja masih banyak orang yang tetap melakukan kebiasaan buruknya yang berpengaruh buruk pada kuantitas darah haidnya. Untuk itulah, goherba.net akan menjelaskan pola hidup sehat seperti apa yang bisa membantu mengatasi gangguan pada haid.

1. Rutin dan teratur berolahraga seperti yoga, jalan kaki dan jogging karena ketiga olahraga ini tergolong ringan dan diperbolehkan saat sedang haid.

2. Istirahat yang cukup

3. Mengkonsumsi buah-buahan segar terutama yang kaya nutrisi dan vitamin seperti pepaya dan nanas.

4. Mengkonsumsi asam jawa. Asam jawa berguna sekali untuk mengencerkan darah yang menggumpal dan membantu mengurangi rasa nyeri saat haid pertama.

5. Mengkonsumsi cuka apel yang bisa Anda campurkan pada minuman atau makanan lainnya.

6. Hindari minuman dingin yang dikonsumsi secara berlebihan, karena dapat menimbulkan reaksi buruk bagi darah.

7. Jeruk mengandung vitamin C yang sangat baik dikonsumsi selama haid karena dapat memberikan rasa nyaman bagi otot rahim.

8. Konsumsi pepaya yang memiliki kandungan serat tinggi. Meski biasanya sering digunakan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, namun pepaya juga bisa membantu melancarkan siklus menstruasi

9. Jahe mengandung gingerol yang dapat menjaga kelancaran aliran darah yang berasal dari rahim.

10. Menghindari stres karena dapat mengganggu siklus menstruasi.

11. Konsumsi daging merah untuk mengembalikan darah yang keluar dari tubuh Anda selama haid. Didalamnya juga mengandung protein dan zat besi yang mampu melancarkan siklus haid. Tapi ingat, konsumsi dalam batas yang wajar.

12. Kurangi garam dalam masakan. Karena penggunaan garam yang berlebih dapat menjadi penyebab darah haid yang sedikit dan siklus haid menjadi kurang lancar, darah juga bisa berwarna hitam pekat. Selain membantu mengatasi gangguan pada haid, mengurangi asupan garam juga bisa membantu menurunkan berat badan secara alami.

13. Rajin berjalan kaki. Jalan kaki biasanya ini merupakan cara yang mudah untuk Anda lakukan untuk merangsang sistem otot rahim. Orang yang jarang bergerak apalagi yang berolahraga biasanya sering memiliki jumlah haid yang sedikit.

14. Memiliki bentuk tubuh yang ideal biasanya jarang mengalami gangguan haid, dan masalah haid lebih sering terjadi pada mereka yang memiliki bentuk tubuh terlalu gemuk.

Keempat belas tips diatas, dapat Anda coba untuk membantu mengatasi darah haid Anda yang keluar sedikit. Dan bagi Anda yang masih ingin mencari informasi untuk mempercaiki siklus haid, berikut ulasannya.

Cara Memperbaiki Siklus Haid

Cara Memperbaiki Siklus haid

Masing-masing wanita memiliki siklus haid yang berbeda, namun siklus yang normal yaitu selama 28 hari. Bagi sebagian wanita yang bermasalah dengan kondisi ini, dapat dijadikan sebagai alat pengukur kesehatan rahim.Ada beberapa hal penting seperti aliran darah, diet, cara pembersihan bahkan tingkatan aliran darah menuju rahim yang tentu saja berpengaruh pada menstruasi setiap wanita.

Untuk memperbaiki masalah pada menstruasi, maka perlu mengatasi asupan nutrisi, sirkulasi dan kekuatan rahim. Ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan. Dengan menerapkan langkah-langkah sederhana ini, maka Anda dapat merasakan perubahan yang semakin membaik pada menstruasi.

Langkah 1: Kenali Darah Haid Anda

Warna darah yang keluar, bisa membantu Anda mengetahui masalah pada yang terjadi pada tubuh

  • Merah muda menandakan kadar estrogen yang rendah sehingga dapat memicu risiko osteoporosis. Cara mengatasinya adalah dengan aktif bergerak dan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi.
  • Merah muda berair menandakan tubuh yang kekurangan nutrisi seperti zat besi. Wanita yang memiliki warna haid seperti ini, disarankan untuk mengkonsumsi suplemen penambah darah untuk mencegah anemia atau kekurangan darah.
  • Merah stroberi yang menggumpal menandakan bahwa hormon estrogen dan progesteron tidak seimbang. Disarankan untuk mengurangi konsumsi susu, kedelai dan minuman manis lainnya.
  • Merah tua cranberry menandakan siklus haid yang sehat dan teratur. Warna ini akan terlihat setelah memasuki hari kedua haid. Hari berikutnya warna akan semakin cerah dan tampak licin mirip agar-agar.
  • Coklat tua menandakan kadar progesteron yang rendah sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk keluar. Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin B.
  • Oranye dan abu-abu menandakan darah haid tercampur dengan cairan yang berasal dari leher rahim. Jika ini terjadi pada Anda, maka perlu berhati-hati, karena ini bisa menjadi salah satu gejala dari infeksi leher rahim. Jika ini terjadi pada wanita yang sedang mengandung, maka mnjadi gejala keguguran.

Perdarahan yang sedikit dapat mengindikasikan sirkulasi yang buruk di rahim atau kadar hormon rendah. Jika kadar hormon tidak mencukupi, lapisan rahim tidak akan terbentuk sebanyak seperti seharusnya, yang membuat darah yang keluar menjadi sedikit.

Perdarahan menstruasi yang berat (darah keluar sangat banyak) sering merupakan pertanda ketidakseimbangan dalam rasio estrogen terhadap progesteron, yang mungkin mengindikasikan masalah kesuburan seperti PCOS, atau endometriosis.

Langkah 2: Perbaiki Diet dan Rajin Bergerak

Makanan organik berkualitas dapat menjadi pilihan makanan yang paling bergizi, karena didalamnya terdapat nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan darah. Anda juga harus menerapkan gaya hidup baru, dengan mengkonsumsi multivitamin sebagai bagian dari makanan sehari-hari Anda.

Ada makanan tertentu yang harus dibatasi untuk kesehatan rahim, seperti membatasi konsumsi produk susu, daging merah, cukup konsumsi 2-3 kali per minggu seperti produk susu, daging merah, karbohidrat olahan dan gvula.

Kemudian air. Air penting untuk menjaga haid Anda agar tetap terjaga dengan baik. Jika tubuh kekurangan air, maka dapat membuat darah haid menjadi lengket, berserabut dan menjadi lebih sedikit. Pastikan Anda minum 8 gelas setiap harinya. Hidnari botol plastik, karena dapat mempengaruhi keseimbangan hormon.

Salah satu cara terbaik untuk menunjang siklus haid yang sehat adalah dengan bergerak, terutama bagian kaki dan pinggul. Pelvis memegang organ reproduksi, dan gerakan bagian tubuh dapat membantu menjaga otot dan organ reproduksi tetap selaras juga meningkatkan sirkulasi darah ke organ reproduksi. Latihan ini terbukti meningkatkan pelepasan endorphin dan meningkatkan rasa nyaman bagi wanita yang sedang haid.

Langkah 3: Menjaga Kebersihan

Pembersihan adalah salah satu cara terbaik untuk memperbaiki regulasi hormon. Dengan kebersihan yang terja, organ kewanitaan dapat terhindar dari berbagai bakteri jahat yang menjadi sumber masalah.

Ketiga poin penting diatas, merupakan cara sederhana yang bisa membantu Anda sebagai Cara Memperbanyak Darah haid sekaligus memperbaiki siklus haid.

Advertisement
Cara Memperbanyak Darah Haid? Klik Disini! | goherba | 4.5