Informasi Lengkap Manfaat dan Kerugian Operasi Caesar

Advertisement

Manfaat dan Kerugian Operasi Caesar. Meskipun operasi caesar merupakan metode persalinan yang sudah menjadi hal umum, namun itu adalah operasi besar dan memiliki risiko. Inilah sebabnya mengapa dokter tidak merekomendasikan metode ini, kecuali karena alasan tertentu.

Konsultasi Dengan Dokter

Jika tidak ada komplikasi dengan kehamilan atau persalinan, kelahiran normal lebih aman daripada kelahiran caesar. Hal ini tidak hanya berlaku untuk kehamilan Anda saat ini, tetapi juga untuk setiap kehamilan. Kelahiran normal juga lebih baik untuk kesuburan masa depan Anda.

Terkadang, sebuah operasi caesar diperlukan untuk menyelamatkan nyawa seorang ibu atau bayi. Dalam kasus ini, kelahiran caesar menjadi pilihan paling aman untuk Anda dan bayi Anda. Dokter akan melakukan hal ini setelah menilai kondisi Anda dan seberapa baik kondisi bayi dengan memantau detak jantungnya.

Manfaat dan Kerugian Operasi Caesar

Manfaat atau keuntungan dari kelahiran caesar :

  • Jika Anda memilih untuk operasi caesar yang direncanakan, satu keuntungan adalah bahwa Anda akan tahu kapan bayi Anda akan lahir.
  • Anda tidak akan memiliki kontraksi persalinan yang menyakitkan, tidak merasakan nyeri antara bagian vagina dan punggung (perineum) yang terjadi dengan kelahiran normal.

Baca juga : Obat Alami Pengering Luka Jahitan Pasca Operasi Caesar

Kerugian memilih operasi caesar :

  • Rasa sakit.

Anda mungkin telah mendengar banyak tentang rasa sakit setelah operasi yang menjadi kelemahan utama dari kelahiran caesar. Anda akan merasakan sakit pada luka dan rasa tidak nyaman di perut beberapa minggu setelah operasi.

Yang perlu Anda ketahui, bahwa durasi rasa sakit dalam persalinan normal biasanya jauh lebih pendek daripada yang setelah operasi caesar. Dokter akan memberikan obat untuk mengatasi rasa sakit setelah persalinan, tetapi akan mempengaruhi kegiatan sehari-hari untuk beberapa waktu.

  • Infeksi

infeksi luka pada operasi caesar Setelah operasi caesar, Anda akan ditawarkan dosis tunggal antibiotik untuk mengurangi risiko infeksi . Namun, sekitar 8% perempuan masih ada yang mengalami infeksi setelahpersalinan caesar.Ada tiga infeksi utama yang biasa terjadi, yaitu :

1. Infeksi pada luka. Tanda-tanda infeksi luka adalah kemerahan dan nyeri yang memburuk pada luka. Ini lebih mungkin terjadi jika Anda memiliki diabetes atau kelebihan berat badan (obesitas).

2. Infeksi pada lapisan rahim yang disebut endometritis. Hal ini lebih mungkin terjadi jika air ketuban Anda pecah sebelum persalinan atau karena Anda jarang memeriksa kebersihan vagina Anda.

3. Infeksi saluran kemih (ISK) . Anda harus memiliki tabung tipis atau kateter, yang dimasukkan selama operasi untuk mengosongkan kandung kemih Anda sebagai rute untuk infeksi. Ciri ciri kondisi ini yaitu kesulitan buang air kecil yang juga timbul rasa sakit.

  • Darah membeku

Setiap operasi menimbulkan risiko untuk mengembangkan pembekuan darah . Ini bisa menjadi serius, tergantung di mana letak letak  menggumpal. Jika gumpalan berada dalam paru-paru (emboli paru), maka berisiko mengancam jiwa. Tanda-tanda kondisi ini meliputi batuk, sesak napas, dan bengkak atau nyeri pada betis.

  • Adhesi

Operasi caesar membawa risiko perlengketan Anda menyembuhkan. Adhesi adalah pita dari jaringan parut yang dapat membuat organ-organ dalam tongkat perut Anda satu sama lain atau ke dalam dinding perut Anda. Adhesi dapat menyakitkan karena mereka membatasi gerakan organ internal Anda. Kadang-kadang, perlengketan dapat menyebabkan masalah dengan obstruksi usus dan kesuburan, jika mereka menekan atau blok tetangga organ.

  • Dibius

Kebanyakan caesar dilakukan tanpa anestesi umum, yang menempatkan Anda untuk tidur. Sebaliknya, sebuah epidural atau spinal akan membuat perut Anda seperti amati rasa. Epidural atau spinal lebih aman untuk Anda dan bayi Anda dari anestesi umum. Namun, menggunakan obat bius melibatkan risiko kecil. Dengan epidural dan spinalis Anda mungkin memiliki komplikasi sakit kepala yang parah dan kerusakan saraf. Jika Anda sudah memiliki serius komplikasi selama operasi caesar, Anda mungkin perlu transfusi darah. Beberapa komplikasi jarang dari operasi caesar dapat mengancam jiwa. Namun, risiko ini sangat kecil.

  • Operasi Caesar Berlanjut

Operasi Caesar berlanjut Setelah Anda melakukan operasi caesar, Anda lebih mungkin untuk mengalami operasi caesar di kehamilan berikutnya. Namun, hal ini tidak terjadi selalu, dan kelahiran normal setelah caesar dimungkinkan. Selain itu, ini sedikit meningkatkan risiko Anda mengalami plasenta yang rendah (plasenta previa) di kehamilan berikutnya.Namun, ada risiko yang sangat kecil dari bekas luka di pembukaan rahim pada kehamilan atau persalinan berikutnya, tetapi hal ini jarang terjadi. Dokter menyebut ini pecahnya rahim.

  • Depresi Postnatal

Operasi caesar membuat Anda sedikit lebih rentan terhadap depresi postnatal. Tapi meskipun awal depresi postnatal lebih sering terjadi pada wanita yang telah memiliki operasi caesar, setelah dua bulan yang hampir sama dengan wanita yang melakukan persalinan normal.

Risiko untuk bayi setelah operasi caesar

Bayi Anda mungkin akan dengan baik, baik selama dan setelah operasi caesar. Beberapa bayi memiliki masalah pernapasan setelah mereka lahir. Masalah pernapasan setelah operasi caesar biasanya tidak serius, tapi kadang-kadang bayi harus memiliki perawatan khusus untuk membantu mereka pulih. Masalah pernapasan yang lebih umum untuk:

  • Bayi prematur yang lahir dengan operasi caesar.
  • Bayi yang lahir dengan operasi caesar yang dilakukan sebelum persalinan dimulai, khususnya sebelum 39 minggu kehamilan.

Pulih dari operasi caesar berbeda dari pulih dari kelahiran normal, tetapi ada hal yang tetap sama, yaitu Anda akan mengalami perdarahan setelah melahirkan. Anda mungkin juga mengalami inkontinensia setelah melahirkan, yang merupakan keluhan umum bagi banyak ibu baru setelah melahirkan.

Itulah penjelasan tentang Manfaat dan Kerugian Operasi Caesar. Semoga bermanfaat. Bagi Anda yang membutuhkan obat alami untuk mempercepat pengeringkan bekas luka jahitan operasi, klik disini

Advertisement
Informasi Lengkap Manfaat dan Kerugian Operasi Caesar | goherba | 4.5