Penjelasan Rinci dan Solusi Terbaik Luka Gangren

Advertisement

Berikut adalah informasi lengkap seputar jawaban dari “apa itu luka gangren” beserta solusi alternatif yang akan kami rekomendasikan.

luka gangren diabetes mellitus

Diabetes mellitus adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak mampu untuk mengontrol kadar gula darah. Biasanya tubuh memiliki sistem daya tahan tubuh yang baik untuk melawan serangan mikroba dan organisme yang dapat menyebabkan infeksi. Sel-sel darah putih merupakan peran utama dalam hal ini untuk menjaga tubuh dan melindunginya.

Pada pasien dengan diabetes, sistem kekebalan tubuh mereka tidak dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, pembuluh darah menjadi rusak karena menjalankan kadar gula darah dalam jumlah yang terlalu banyak pada pembuluh darah.

Apa itu luka gangren?

Luka gangren merupakan luka yang umumnya diderita oleh penderita diabetes mellitus dengan gejala luka yang terus berair dengan bau yang tidak sedap dan sulit untuk sembuh meski dudah diatasi dengan berbagai macam obat. Dan kondisi tersebut patut Anda waspadai. Gangren muncul pada bagian tubuh yang sulit dijangkau oleh aliran tubuh dan asupan oksigen seperti jari tangan atau jari kaki. Karena tidak mendapat nutrisi, jaringan pada bagian tersebut bisa mati dan membusuk.

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan saraf dalam jangka panjang. Kondisi ini disebut neuropati perifer yang bisa menyebabkan gejala mati rasa dan gangguan pada pergerakan otot tertentu. Jadi jika seorang pasien diabetes melukai luka gangren secara sengaja, mungkin mereka tidak akan merasakan sakit yang berlebihan karena sensitivitas kulit sudah mati.

apa itu luka gangren

Penyakit diabetes kronis dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi tidak mampu untuk melawan organisme (bakteri, kuman, virus) yang terdapat dalam luka. Kadar gula yang tinggi membuat darah menjadi lebih menguntungkan bagi bakteri dan mikroorganisme untuk tumbuh dan berkembang. Sedangkan luka akan semakin parah jika tidak segera ditangani.

Pada penderita diabetes, daerah sensitif tubuh yang paling umum terkena adalah paru-paru, kulit, kaki, saluran kemih, area genital dan mulut. Infeksi kulit yang terdeteksi umumnya karena terkena cedera sehingga menimbulkan gejala benjol dan memar pada bagian tubuh yang terkena.(apa itu luka gangren)

Infeksi kaki biasanya dimulai dari bisul kecil dan dapat menginfeksi jaringan yang lebih dalam, sehingga menyebabkan gangren yang mempengaruhi tulang juga aliran darah. Infeksi kaki diabetik terlihat biasa pada mereka dengan masalah diabetes terkait seperti ginjal atau masalah mata. Mereka yang rentan terhadap luka, luka bakar dan kapalan, maka beresiko terkena infeksi kaki diabetes. Orang dengan masalah kaki atau masalah lain seperti obesitas juga dapat berisiko untuk terkena luka gangren.

Dalam kasus yang parah, luka gangren yang menyerang kaki atau bagian tubuh lainnya diatasi dengan cara amputasi untuk menghentikan penyebaran luka gangren. Dan Jari jari kaki adalah bagian pertama yang harus diamputasi. Bagi Anda yang tidak mengingkan cara amputasi dan membutuhkan rekomendasi obat alternatif yang benar benar efektif, Anda bisa kunjungi laman obat gangren diabetes melitus yang sudah mendapat sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia dan terdaftar di DEPKES RI P-IRT dengan no registrasi 109321601291-1229. Metode pembayaran “Barang Sampai Baru Transfer

Selain obat yang tepat, Anda juga perlu menjaga kebersihan kaki dengan baik dan usahakan kaki agar tetap dalam keadaan kering. Hindari pemakaian alas kaki yang ketat atau bertumit tinggi. Ada baiknya jika Anda menggunakan alas kaki khusus untuk penderita diabetes untuk mencegah cedera yang mungkin terjadi.

Advertisement
Penjelasan Rinci dan Solusi Terbaik Luka Gangren | goherba | 4.5